Let's Chat
hadiah untuk anak

HADIAH YANG DI SUKAI ANAK

hadiah untuk anak

HADIAH YANG DI SUKAI ANAK – AQIQAH MAIDAH

Mendidik seorang anak dengan benar dan baik menentukan masa depan seorang anak tumbuh menjadi anak yang baik atau tidak. Bunda pasti ingin sekali mendidik anak dengan baik, tapi sudah benarkah pendidikan dini yang bunda berikan terhadap si kecil?. Sesekali bunda beri hadiah untuk anak agar si kecil senang.

Tidak selalu si kecil harus di beri hadiah mainan untuk menyenangkan mereka. Pemberian mainan yang berlebihan akan membuat anak menjadi kecanduan dan lebih asik menghabiskan waktu dengan mainannya dar pada dengan keluarganya. Hal ini jika di biasakan sejak kecil akan berpengaruh pada saat ia menginjak baliq dan dewasa.

Seorang anak yang sudah kecanduan games dan gadget saat masih kecil akan terus berlanjut hingga dewasa jika bunda tidak melakukan pendidikan akhlak dengan baik.

Pemberian hadiah tidak selalu berupa barang atau wisata yang mengasikkan. Bunda dapat juga memberi hadiah berupa perhatian khusus untuk si kecil. Hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan si kecil. Tentunya bunda ingin sekali si kecil dekat dengan orang tua dan berakhlak mulia.

Oleh karena itu orang tua harus berhati-hati ketika bicara saat ada dan dengan si kecil, karena si kecil mudah terpengaruh dari apa yang dilakukan oleh orang tua. Bunda pasti pernah dengar kata-kata “perilaku anak adalah contoh dari perilaku orang tuanya”. iya memaang benar buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Mendidik si kecil tidak selalu harus memarahi mereka, marahilah mereka ketika mereka salah namun dengan nada yang lembut. Tentunya bunda tidak mau kan menyakiti hati si kecil.

Yuk, simak berikut ini hadiah untuk anak :

Kasih Sayang

  • Saat anak masih kecil, kasih sayang orangtua dapat ditunjukkan dengan cara fisik, misalnya memeluk, menggandeng tangan, maupun meluangkan waktu untuk bermain dengannya.
  • Pilihlah permainan menyenangkan yang juga bisa melatih sensorik mereka, seperti membiarkan mereka menyentuh wajah atau rambut kita.
  • Saat anak berusia di bawah lima tahun (balita), kasih sayang orangtua ditunjukkan dengan menambahkan perasaan aman pada anak serta banyak mengajak anak berdiskusi mengenai kegiatannya sehari-hari.
  • Saat anak beranjak remaja, bentuk kasih sayang orangtua lebih ke faktor nonfisik, misalnya mengingat tanggal ulang tahun; atau menghargai perasaan anak, misalnya ketika gagal atau berhasil melakukan sesuatu.

Pujian Untuk Anak

Berikut ungkapan pujian untuk sang buah hati tercinta:

  • Terima kasih telah membantu Bunda beres-beres rumah. Cara Adik menata sepatu sudah rapi, pasti akan membantu kita semua mencari sepatu kalau mau berangkat kerja atau sekolah.
  • Kakak hebat sudah berhasil menyelesaikan puzzle ini. Setelah lama berusaha dan berlatih, enggak susah kan menata potongan-potongan puzzle sampai sempurna.
  • Anak pintar, sudah dapat nilai 100. Nilai sempurna sangat layak diterima anak-anak yang rajin belajar dan mau berusaha.
  • Good Job! Sudah mau pipis di toilet tanpa Bunda suruh. Anak yang sudah besar memang seharusnya pipis di toilet ya.
  • Bunda percaya Kakak bisa diberikan kepercayaan untuk membeli telur di toko, dan menjaga Adik kalau Bunda sibuk. Terimakasih ya Kak!
  • Bunda sama Ayah bangga kamu berhasil mencetak gol. Latihan terus agar permainanmu bisa seperti bintang pesepak bola dunia seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.
  • Ide bagus nih, Kak, sangat membantu Bunda dalam berbelanja bulanan. Kakak yang catat daftar belanjaannya, Bunda yang sebutkan namanya ya.
  • Anak saleh sudah salat tepat waktu. Ingat ya Bang, begitu mendengar azan langsung ambil wudlu dan tunaikan salat.
  • Bunda dan Ayah bangga punya anak kaya kamu. Jangan pernah berhenti berusaha untuk terus bisa mencapai prestasi.

Perhatian dan Quality Time

Katakan Kalau Dia Spesial
Memarahi atau mengritik anak memang jauh lebih mudah daripada memberinya pujian. Namun, Anda juga perlu memberitahukan si kecil kalau dia sangat istimewa bagi Anda. Dengan mengutarakannya secara langsung, anak bisa lebih percaya diri dan merasa dicintai. Hal itu baik untuk perkembangan kepribadian anak kedepannya.

Beri Hadiah Untuk Anak Yang Spesial
Anda perlu memberikannya hadiah khusus bila si kecil telah melakukan sesuatu yang membanggakan, seperti berhasil memenangkan suatu lomba atau meraih peringkat pertama di sekolahnya. Hadiah khusus bisa berupa membuatkan kue kesukaannya, mengajaknya pergi jalan-jalan, atau membelikan barang yang sedang diinginkan oleh anak Anda. Hadiah tersebut dapat membuat anak merasa spesial.

Sediakan Waktu Khusus Hanya untuk Anak
Aktivitas sehari-hari membuat Anda kurang mempunyai waktu untuk si buah hati. Namun, Anda tetap bisa menunjukkan kalau dia begitu spesial dengan menyediakan waktu sehari bersama si kecil. Ajak anak Anda belibur ke kebun binatang, berbelanja, atau ke tempat arena bermain ketika akhir pekan. Berlibur bersama anak bisa membuat dia senang.

Ajak Anak Ngobrol Berdua
Jika Anda sering meluangkan waktu untuk mengobrol berdua, si kecil akan merasa Anda begitu perhatian dengannya. Tanyakan seputar minat dan bakat anak. Bila dia senang bermain musik atau menari, ‘masukkan’ dia ke dalam les musik atau bawa anak menonton konser dan seputar kegiatan menari. Selain bisa membuat anak merasa berarti, Anda akan tahu perkembangan bakat mereka secara signifikan.

Memberikan Apresiasi

  • Waktu yang tepat yakni ketika anak kita telah melakukan perbuatan baik. Jangan lupa untuk segera memberinya apresiasi.
  • Kedua, ketika anak tidak lagi melakukan perbuatan buruk. Misalnya, ketika anak tidak merapihkan mainan atau meja belajarnya. Saat anak menjadi rutin merapihkan mainan atau meja belajarnya, segera beri apresiasi padanya.
  • Ketiga, ketika anak memunculkan sebuah karya, terlepas hasil karyanya baik atau tidak, jangan tunda untuk memberikan apresiasi padanya. Pujilah usahanya, bukan hasilnya..

Materi

Memberikan hadiah berupa materi sangat ampuh membuat anak berusaha mematuhi orang tua, karena ada imbalan saat si kecil nurut. Ini boleh di lakukan orang tua untuk mendidik si kecil. Si kecil dapat lebih giat dan belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Mendidik buah hati memang tidak mudah, bunda perlu banyak bersabar dan ikhtiar yang kuat. Semoga allah memberi buah hati yang berakhlak mulia ya bunda. Assalamu’alaikum…

Sekian artikel mengenai haidah untuk anak. Semoga bermanfaat bunda ^^

Aqiqah maidah Jasa aqiqah surabaya terbaik. Pesan sekarang dengan pilihan menu yang berkualitas dan terjamin kelezatannya.

Alamat:
Ruko Pagesangan II
No. 69 A – Jambangan
(Depan Dinas Pertanian)

Telepon: 0812-3306-1919

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *