Let's Chat
aqiqah kambing jantan

Aqiqah kambing jantan atau betina – Aqiqah Maidah Surabaya

aqiqah kambing jantan

Aqiqah Kambing Jantan atau Betina?

Dari Segi Ibadah

Jantan Lebih Utama, Mengapa?

“Untuk anak laki-laki dua kambing dan untuk anak perempuan satu kambing dan tidak ditentukan apakah aqiqah kambing jantan atau betina.” (Hr. Ashhabus sunan, dan dishahihkan syeikh Al-Albany)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih saat aqiqah kedua cucunya dengan memilih kambing atau domba jantan yang sempurna. Hal ini bukan pengkhususan, maka boleh dalam aqiqah menyembelih kambing betina. Sebagaimana hal ini ditunjukkan oleh kemu tlakan dalam hadist-hadist yang lain, (Tharu At-tatsrib, Al-‘Iraqy 5208) Wallahu A’lam

Dari Segi Kesehatan

Kandungan lemak dari kambing jantan lebih rendah dari kambing betina. Bukan berarrti kambing atau domba jantan tidak ada lemaknya. Namun, kambing atau domba jantan lebih rendah lemaknya dari pada kambing betina dan dagingnya lebih kering. (Baca Juga: Harga Kambing Aqiqah)

Dari Segi Postur Tubuh

Next, saat dilihat dari bentuk atau postur tubuh, tentu saja mempunyai perbedaan yakni jika untuk domba atau kambing jantan akan mempunyai bodi lebih kekar. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa domba atau kambing betina juga cukup bongsor.

Hanya saja, selayaknya manusia bahwa pawakan tubuh kambing jantan dan betina berbeda sekali. Kambing jantan cenderung besar kekar dan gagah, sedangkan untuk sang betina ada dua kemungkinan yakni bongsor karena memang gemuk atau kurus.

Dari Segi Tanduk

Tanduk adalah ciri khas dari hewan berkaki empat tersebut, baik jantan atau betina keduanya sama-sama memiliki tanduk seperti yang sudah di sampaikan di atas. Akan tetapi tanduk untuk kambing atau daging kambing jantan sangatlah besar, tebal dan lebih panjang atau melengkung. Berbeda halnya dengan tanduk yang di miliki kambing betina yang berukuran sedang saja dan tidak terlalu besar.

Kesimpulan

Menurut sebagian besar ulama, aqiqah boleh kambing jantan atau betina. Tidak dipermasalahkan jenis nya, yang terpenting kambing atau domba yang sehat dan tidak cacat. Namun, dari beberapa segi ukuran, dan rendah lemak kambing jantan lebih di prioritaskan atau lebih afdhal.

Sumber: https://arenahewan.com/perbedaan-daging-kambing-jantan-dan-betina

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *